DOCTOR

DOCTOR
My The Doctor Otomotif

Pages

Selasa, 30 November 2010

CARA MUDAH SETING KARBURATOR 4 TAK

Cara mudah seting karburator yang murah meriah adalah di seting sendiri tanpa harus pergi ke bengkel, ebil kubil akan mencoba menjelaskan proses penyetelan karburator standart yang sangat mudah, akan tetapi lebih bagus kalau karburator di bersihkan dulu, filter bensin serta filter udara juga ikut di bersihkan supaya kotoran atau endapan yang ada didalamnya dapat di buang, begitu juga dengan pilot dan main jet di bersihkan, Untuk pilot dan main jet kalo bisa di bersihkan dengan carburator cleaner supaya lebih singkat, tidak buang buang waktu tapi kalo gak punya ya... pake bensin aja ato pake tiner kalo punya, tapi ingat ya, lubang lubang yang ada pada main jet dan pilot jet jangan di colok colok, apa lagi pake kawat, bisa bisa motor sampean jadi boros bahkan bisa merusak,

Setelah dibersihkan pasang kembali sparepart karburator ke posisi semula  dan tempatkan ke manifold dengan baik dan benar.... kalo tidak bisa terjadi kebocoran pada sambungan.

  1. Putar ke kanan setelan angin sampai mentok, searah jarum jam, setelah mentok jangan di pakasa,cuman pake perasaan, kemudian putar balik ke kiri, untuk motor bebek 1/4 - 1/5 putaran dan untuk motor sport sampe 2/5 putaran.
  2. Setel gas untuk putaran 3000 - 5000 rpm
  3. Hidupkan mesin......bremmm...bremmmm
  4. Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1/4 - 1/6 putaran untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2/4 - 2/6 putaran.
  5. Jika sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga posisi idle atau langsam /.....(900 -1100 rpm)..
  6. Lalu cek sekali dua kali untuk di gas.... bremmm.....bremmmm dan setelah posisi idle / langsam mesin gak mati ...maka motor sudah enak di ajak jalan jalan dan mudah mudahan irit.
  7. Kalau masih mati ulangi proses dari pertama biar puas...
  8. gambar menyusul.
  9. Semoga bermanfaat.


1 komentar:

  1. Bagaimana cara menentukan putaran 3000-5000 rpm klo motor tidak di hidupkan ??? Anehhhh

    BalasHapus