DOCTOR

DOCTOR
My The Doctor Otomotif

Pages

Minggu, 06 Maret 2011

TRICKS CONQUERED CORNER

REAR WHEEL STEERING


Rear Wheel Steering (RWS) adalah salah satu teknik mengarahkan atau membelokkan motor agar sesuai jalur (racing line) melalui roda belakang dengan memanfaatkan power motor itu sendiri. Teknik ini banyak digunakan para pembalap Moto GP. Saat memasuki tikungan lambat, mereka dapat melibas tikungan ini dengan cepat dengan cara melakukan slide pada roda belakang dan sedikit menekuk setang ke arah yang berlawanan dengan arah tikungan. Sehingga motor dapat tetap terarah pada racing line dan tidak melebar tanpa mengurangi kecepatan sedikitpun saat melewati tikungan. Catatan waktupun akan semakin terpangkas dengan digunakannya teknik ini.


Salah satu pembalap Moto GP yang sering melakukan teknik RWS adalah pembalap veteran Garry McCoy. Saat melewati tikungan yang lambat ia sering menggeber abis motor Yamaha YZR 500-nya untuk melakukan slide pada ban belakang dan menekuk stang berlawanan dengan arah tikungan. Hasilnya, tikungan lambat tersebut dapat dilewati dengan waktu yang lebih cepat. Sampai saat ini, era Moto GP 4-tak 800cc, teknik RWS masih banyak dipakai oleh para pembalap MotoGP.


Teknik RWS bukan berasal dari Moto GP, teknik ini diadopsi oleh pembalap Moto GP dari balap motor Speedway, seperti tampak pada gambar diatas. Para pembalap Speedway melibas tikungan dengan melakukan sliding pada roda belakang dan menekuk stang sampai mentok. Sehingga didapatlah posisi membelok seperti pada gambar. Bedanya, pada Moto GP para pembalap hanya sedikit saja menekuk stangnya karena trek yang dilalui adalah aspal bukan tanah seperti pada Speedway. Saat ini teknik ini juga dipakai oleh para freestyler2 kelas dunia..





  -Tamed your Beast:
pelajarilah kekuatan mesin motor anda seberapa cepat dia bisa berakselerasi, seberapa besar tenaga yg dimuntahkan mesin pada saat membuka gas secara lembut dan saat membuka gas secara sekaligus ini untuk mengantipasi gejala OVER Throttle pada saat anda berada atau sebelum masuk tikungan yang bisa berakibat fatal

-Tamed your Beast:
pelajarilah kekuatan mesin motor anda seberapa cepat dia bisa berakselerasi, seberapa besar tenaga yg dimuntahkan mesin pada saat membuka gas secara lembut dan saat membuka gas secara sekaligus ini untuk mengantipasi gejala OVER Throttle pada saat anda berada atau sebelum masuk tikungan yang bisa berakibat fatal.

- Braking Point :
Menghitung jarang pengereman pada saat memasuki tikungan atau pada saat di jalur lurus, anda harus bisa mengkalkulasikan berapa kecepatan yang diperlukan pada saat memasuki tikungan dan berapa meter jarak yang diperlukan oleh motor anda untuk mencapai kecepatan yang diinginkan dari posisi kecepatan tertinggi anda, ini bisa dilatih dengan cara terus mengulang dan mencoba jarak pengereman yang berbeda-2 pada 1 tikungan dimulai dari kecepatan terendah dan terus naik ke kecepatan yang lebih tinggi.

-Shifting Control :
Perpindahan gigi dari gear rendah ke gear tinggi atau sebaliknya untuk mengetahui seberapa besar power or engine brake yang akan motor anda berikan ketika anda melakukan perpindahan gigi

- Clutch Control:
Teknik yang dibarengi dengan Shifting control ini untuk mengetahui seberapa kekuatan mesin anda pada saat POP CLutch or membuka kopling secara mendadak untuk mengantisipasi roda belakang anda Skid or Slide.

- Tyre Capability :
Anda harus benar-2 mengetahui seberapa kekuatan BAN anda pada saat memasuki tikungan, apakah ban anda termasuk GRIP type....atau Drift Type....dengan mengetahui seberapa kekuatan GRIP ban and apada saat memasuki tikungan akan mengurangi gejala Skid or Slide dan mempermulus anda dalam melakukan cornering

- Suspension Capability :
Suspensi yang terlalu lembut atau terlalu keras akan menyulitkan kita untuk menaklukan tikungan, pastikan anda mengetahui dengan pasti kondisi suspensi motor anda untuk mengambil keputusan kecepatan tertinggi dan terendah anda  dalam menaklukan tikungan

- Chasis, Swing Arm and Fork Configuration:
Semua chasis memiliki karakter yang berbeda beda dan tak bisa disamakan, makanya pelajarilah sifat Chasis anda dengan baik, cara termudahnya adalah dengan mengetahui wheel base....rake....dsb dari motor anda untuk menghitung radius putaran motor dsb .

- Saddle Position : Posisi jok akan menentukan bagaimana body positioning yang tepat untuk motor anda. Make sure anda merasa nyaman pada saat cornering

-Foot Peg position: atau foot step, posisinya sangat menentukan body position kita, foot peg yang terlalu rendah akan menyebabkan motor kita tidak dapat miring terlalu dalam karena akan tersangkut foot step yang bisa berakibat fatal

- Handle Bar POsition: Stang Lebar atau Setang Jepit akan merubah posisi berkendara anda dan memiliki cara yang berbeda pula pada saat cornering, pastikan anda menggunakan teknik yang tepat untuk menguasai kondisi stang anda

Pelajarilah dengan setulus hati, dukunglah dengan keinginan yang sangat kuat, bulatkan tekad, pasti bisa!!!!!
ingat!. jangan coba coba, taruhannya nyawa melayang

contohnya valentino rossi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar