DOCTOR

DOCTOR
My The Doctor Otomotif

Pages

Jumat, 15 April 2011

Skutik Pakai Tabung Sokbreker VARIASI Kaki Lebih Berotot Kekar

Tabung ShockTabung shock sekutik variasi lebih berotot dan tampak lebih kekar,

Para modifikator mengubah tampilan sektor kaki-kaki baik depan maupun belakang. Pada skutik, melakukan hal tersebut salah satu caranya dengan ganti tabung sok asli dengan aftermarket (gbr.1).

“Saat ini karena banyaknya modifikasi dengan bahan skutik, maka jadinya banyak juga bermunculan merek tabung sok. Namun dari produk yang ada, bahan utama yang dipakai adalah aluminium.


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

Saking banyaknya pilihan, tentu bikin hunting tabung sok buat skutik yang banderolnya Rp 450 ribuan ini jadi gampang. Oh ya, berbicara soal kemudahan tidak hanya soal mencarinya saja lo. Bongkar pasang tabung sok bawaan pabrik jadi barang aftermarket juga tergolong mudah.

Mau tau caranya? Yuk kita praktikkan pada Yamaha Mio. Sebelumnya siapkan dulu alat kerjanya yang berupa kunci ring ukuran 14, kunci L-10, obeng minus dan oli khusus sok. Langkah paling awal lepas dulu ban dan sepatbor depan. Selanjutnya baru kendurkan baut pengunci as sok depan (gbr.2).

Berikutnya longgarkan baut L di bawah tabung sok depan, alat yang dipakai kunci L-10 (gbr.3). “Jangan lupa sediakan kaleng buat wadah oli yang keluar dari tabung sok,

Gbr 5

 Bila oli dalam tabung sok susah keluar semua, langkah   

 berikutnya  tinggal tarik tabung dari as sok dan ganti dengan

 tabung sok aftermarket. Oh ya sebelum tabung tersebut

 dipasang, lepas dulu 2 sil di tabung sok bawaan motor (gbr.4).

 “Kalau part itu belum bocor, tinggal pasang deh ke tabung sok

aftermarket. Tapi bila ternyata silnya rusak, mesti ganti baru,

Langkah akhir dari prosesi ini, masukkan lagi oli sok ke dalam tabung (gbr.5)

Bisa pakai oli yang lama atau ganti oli sok yang baru. Soal takaran, cukup samakan dengan aslinya yang hanya pakai 60 ml. OK

Selamat mencoba.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar