DOCTOR

DOCTOR
My The Doctor Otomotif

Pages

Minggu, 28 November 2010

CARA MERAWAT RANTAI & SPROCKET

                      MENGAPA RANTAI DAN SPROCKET PERLU DI GANTI   ? ?

FUNGSI

Rantai dan sprocket pada motor sobat berfungsi sebagai pemindah daya ( daya putar dari mesin ke roda belakang ), sehingga motor sampean dapat bekerja secara optimal.


KEAUSAN AKIBAT PEMAKAIAN

Setelah motor sampean di gunakan dalam waktu tertentu kira kira 15 ribu kilo meter atau sekitar 1 tahun, rantai dan sprocket akan mengalami keausan, hal ini di sebabkan karena gesekan antara metal.


FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAUSAN PADA RANTAI & SPROCKET

->-> Beban yang di pikul motor sobat  misal ( sepeda motor di gunakan untuk mengangkut beban berat )
->-> Penggunaan roda belakang yang lebih lebar
->-> Sering melakukan akselerasi secara tiba tiba ( menghentak )
         Ketiga faktor tersebut menyababkan beban kerja dari sprocket dan rantai lebih besar bisa mempercepat proses keausan


TIPS MERAWAT RANTAI & SPROCKET SUPAYA LEBIH TAHAN LAMA

*** Mengoprasikan sepeda motor secara benar, al; tidak membawa beban yang berlebihan, menghindari akselerasi secara tiba tiba
*** Menggunakan roda belakang sesuai standar
*** Membersihkan dan melumasi rantai secara teratur
*** Menyetel kekencangan rantai sesuai standar


APA PENGARUHNYA JIKA SPROCKET & RANTAI AUS DI PAKSAKAN ????

### Rantai sepeda motor sobat bakal timbul noise ( bunyi )
### Akan timbul hentakan saat di akselerasi karena ( misal, sepeda motor sobat kendur )
### Lebih extrimnya sepeda motor sampean akan lepas dari sprocket, atau rantainya putus, coba bayangin...


APA PENGARUHNYA RANTAI & SPROCKET BARU DI GANTI

,,,, Lebih aman dan nyaman, sepeda motor sampean lebih senyap
,,,, Lebih respon ketika di ajak akselerasi
,,,, Lebih aman, karena kondisi kekencangan standar ( terhindar dari kemungkinan rantai putus atu lepas )

2 komentar: