DOCTOR

DOCTOR
My The Doctor Otomotif

Pages

Minggu, 27 Februari 2011

ROSSI BELUM MAKSIMAL

 SEPANG, Valentino Rossi senang dengan perkembangan ketahanan fisiknya selama tampil di tiga hari tes resmi perdana MotoGP 2011 di Sepang Malaysia. Pasalnya, dia terus menunjukkan kemajuan yang signifikan, yang berimbas pada catatan waktu yang dibikin.
 


Pada hari ketiga tes pra-musim ini, Kamis (3/2/11), "The Doctor" terus meningkatkan jumlah lap yang bisa dilahap. Setelah hanya mampu menyelesaikan 30 lap di sesi pukul 14.00, juara dunia tujuh kali MotoGP ini bisa meningkatkannya menjadi 42 dan pada sesi penutup dia berhasil menyelesaikan 52 lap di Sirkuit Sepang.

Ini adalah jumlah terbanyak yang mampu digapai pebalap Italia tersebut, sejak operasi bahu pada pertengahan November lalu.

"Saya sangat senang dengan bahuku ini, karena hari demi hari ada perbaikan, dan bahkan setelah melakukan tekanan maksimal ketika mengendarai motor, saya tidak merasa ada persoalan. sekarang hanya tinggal pertanyaan mengenai kekuatan," ujar Rossi.

"Pergerakanku juga sudah banyak perkembangan, dan saya tak perlu banyak berpikir lagi tentang kondisi fisikku yang membuat saya kehilangan waktu satu detik. mungkin saya kehilangan 0,5 atau 0,6 detik, terutama saat pengereman dan memasuki tikungan."

Memang, selama tiga hari tes pra-musim ini, Rossi terus menunjukkan perbaikan dalam catatan waktunya. Pada hari ketiga, superstar Italia ini memangkas gap dari 1,791 detik menjadi 1,085 detik dari pembalap tercepat. Artinya, dia kini sudah mengalami kemajuan sekitar 0,10 detik.

Peraih sembilan gelar juara dunia balap motor ini juga mengungkapkan rasa puasnya dengan pekerjaan tim. Meskipun masih jauh dari sempurna, tetapi mereka terus menuju ke arah yang positif sesuai dengan apa yang diinginkan.

"Hari ini kami bekerja dengan baik dan bisa mengumpulkan banyak data serta memecahkan persoalan yang dihadapi," jelas mantan pebalap Yamaha ini. "Tentu saja masih ada banyak hal yang harus dikerjakan, tetapi dibandingkan dengan hari pertama tes, kami sudah mendekati pengesetan yang diinginkan.

"Tak perlu ada perubahan pada karakter Desmosedici. kami perlu mengambil keuntungan dari karakter terbaiknya--stabilitas dan mesinnya

"Secara keseluruhan, evaluasi dari tes ini berjalan baik. Saya masih memerlukan lebih banyak kilometer supaya memahami aspek-aspek lain dari GP11, tetapi meskipun demikian saya harus sedikit mengubah gaya balapku, saya sekarang mulai merasa lebih betah dengan Ducati."

Andrea Dovizioso yakin, Valentino Rossi akan mendapat sedikit kesulitan untuk mengulangi kesuksesan seperti yang diraih dalam debutnya bersama Yamaha. Hasil latihan post-season di Valencia pada November tahun lalu menjadi rujukan pebalap Repsol Honda asal Italia,

Desmosedici jauh lebih kompetitif dibandingkan dengan Yamaha M1 ketika Rossi meninggalkan Honda pada akhir 2003. Ducati saat ini telah menjelma jadi tim yang sangat ditakuti, apalagi dengan kedatangan Rossi.

Namun hasil di Valencia, ketika Rossi melakukan debutnya dengan "si Merah" itu, menunjukkan hasil yang mengejutkan. Di luar dugaan, "The Doctor" terpuruk di peringkat 15. Hanya saja, ada alasan mengapa Rossi terpuruk, karena dia masih mengalami gangguan pada bahu.

Kini, Rossi sudah menjalani operasi dan sedang dalam masa pemulihan. Meskipun demikian, juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut perlu waktu cukup lama untuk fit 100 persen, dan diperkirakan baru akan pulih pada April atau Mei. Padahal, seri perdana MotoGP 2011 ini berlangsung pada 20 Maret mendatang.


Meskipun demikian, Rossi tetap puas dengan kemajuan mesin Desmosedici GP11 tunggangannya. Padahal, juara dunia tujuh kali MotoGP ini belum nyaman dengan kondisi bahu kanannya, yang membuat dia tidak bisa menggeber motor dengan kencang. Bahkan, Rossi mengaku kehilangan waktu sekitar satu detik pada tiga titik pengereman keras di Sirkuit Sepang.




Meskipun demikian, Rossi tak patah arang. Pebalap berusia 31 tahun, yang pindah ke Ducati setelah tujuh musim bersama Yamaha, dengan canda mengatakan bahwa pada hari kedua latihan nanti, dia memiliki "150 hal" yang akan dilakukan.


Meskipun demikian, Rossi menyatakan kesanggupannya untuk memperbaiki rasa pada motor, yang mana itu merupakan kelemahan terbesar dari Desmosedici.

"Kami tidak mencoba fork baru, tetapi kami memperbaikinya untuk bagian depan," jelasnya. "Kami juga memperbaiki akselerasi.

Mengenai ujicoba besok, Rossi mengaku akan terus berusaha memberikan yang terbaik. Mereka juga akan mencoba beberapa hal lagi.

"Ahhh, 150 hal!" ujar Rossi sambil tersenyum, ketika menjawab pertanyaan apa yang akan dicoba besok. "Kami akan meneruskan hal seperti ini, tetapi kami memiliki beberapa ban dari Bridgestone, fork berbeda, juga beberapa bahan berbeda untuk mesin.

"Kami masih memiliki banyak pekerjaan, tetapi kami hanya memiliki 'hidup yang singkat', hanya 30-40 lap (untuk menyelesaikan semuanya)."

Mengenai motor, Nicky juga mengatakan hal yang sama sepertiku," ujar Rossi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar