
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal:
- Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
- Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
- Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
- Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
- Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Setting Karbu:
Karbu pny 2 spuyer :
- Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
- Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
- Ukuran Venturi karbu
- Jarum skep
- Stelan angin
- Power jet.
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB
2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :
- Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
- Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
- Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
- Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
- Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
- Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
- Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
- Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
- Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
- dll
Note:
- Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
- Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
- Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya
nice info gan.
BalasHapusnumpang tanya, main jet n pilot jet itu yg mana gan ? saya sering barsihin karbu motor saya tp ga tahu asal bersih :D
ada lagi, motor saya yamaha sigma (mesin sama dengan yamaha alfa), kalo lagi jalan di jalan bagus, lancar2 saja, tapi misalnya lagi jalan trus kena jalan berbatu/ tdk rata, gasnya jadi tidak stabil (kalo putaran gas dilepas, pasti mesin mati), mohon solusina !
sebelumnya bapake mohon maaf karena mas bro lamban dapat jawaban dari bapake. sudah beberapa bulan bapake tidak posting end buka blog karena bapake lagi ada masalah di bloger. kalo mas bro tidak keberatan bisa share melalui emai ( thebapake@gmail.com ) thanks banget atas komennya. di tunggu komen berikutnya
BalasHapusnumpang tanya bapake saya punxa motor yamaha sigma kalau mau ganti blok boleh gak pake blok fiz r dan apa sj yg d ganti
BalasHapusMau tanya saya punya yamaha alfa inggin saya buat agak boros Kira" bagian karbulator apa yg harus di lakukan ??
BalasHapusBesarin sepuyer nya dan pilot nya
Hapus