DOCTOR

DOCTOR
My The Doctor Otomotif

Pages

Kamis, 23 Februari 2012

Maksimalkan Gap Busi

Haram merapatkan atau meranggangkan jarak antara pusat elektroda dengan massa busi! Sebab, gap menentukan besaran letikan api. "Gap sesuai aturan memberikan lentikan api yang maksimal,"

Gap membuat listrik di ujung elektroda meletikkan api ke titik massa busi. Jika dirapatkan berefek negatif. "Kalau direnggangkan dari ketentuan batas pun tak bagus. Karena gap  disesuaikan karakter mesin,

Lnetikan api busi maksimal jika gap elektroda dan massa pas. "Jika elektroda menumpul, loncatan apinya tak muncul,"

Gap busi antara 0,6-0,8 mm. "Tapi, busi iridium, jaraknya lebih rapat. Sebab elektroda iridium tak butuh voltase tinggi untuk lontarkan api,

Perubahan gap busi kerap terjadi saat bersihkan elektroda. Bisa karena tergerus, atau karena tertekan. Jika merenggang, usaha listrik di ujung elektroda mencapai massa pun membesar. Alhasil, lontaran api mengecil.

"Terlalu jauh, elektroda tak mampu letikan api ke massa busi. Usaha terlalu berat bikin part lain, semisalnya, koil melemah,

Kerapatan, lentikan api terlalu cepat terjadi. "Letikannya kecil, atau tak sempat meletikkan api. Jadi, mesin sulit hidup,

Toh diakui, busi yang lemah bisa ‘dikuatkan' dengan merapatkan gap. Jadi, tegangan listrik yang lemah dari elektroda bisa melontarkan api ke massa. Tapi, hasilnya tetap tidak maksimal.

So, ada 2 ciri gap busi tak pas. "Kerapatan, sulit gapai rpm tinggi. Power putaran menengah ke atas lemah," akan tetapi "Jika terlalu renggang, mbrebet di rpm tinggi, bahkan ‘nembak',

Pemberesih Throttle Body Di Bengkel Resmi YAMAHA

Yang Namanya perangkat injeksi, lama kelamaan pasti kotor. Kotoran pada throttle body dan injector bisa dirasakan dari putaran mesinnya yang tidak stabil. Hal ini disebabkan oleh butterfly atau skep di dalam throttle body yang terganjal penumpukan karbon sehingga tidak bisa menutup dengan sempurna.

"Kami menyarankan pembersihan injector dan throttle body dilakukan tiap 10 ribu kilometer,"



PEA Carbon Cleaner (kanan) bisa diaplikasi tanpa harus ke bengkel, Paket 3M (kiri) membersihkan throttle body dan injector.

Khusus di Yamaha, ada tiga cara yang bisa dipilih. Tentunya disesuaikan dengan kondisi motor dan kondisi si pengendara sendiri. Kalau tidak terlalu kotor dan enggak mau repot karena terlalu lama melakukan pembongkaran bisa pakai cara yang pertama.

Yaitu menggunakan PEA Carbon Cleaner. Cairan yang sudah direkomendasikan Yamaha ini dicampurkan ke dalam tangki bahan bakar dan diklaim dapat mengurangi kadar karbon dengan mudah. Asiknya perawatan yang satu ini bisa dilakukan sendiri tiap 3 ribu kilometer, tapi PEA Carbon Cleaner-nya harus beli di bengkel Yamaha ya!

Masih kurang puas? Boleh lakukan cara kedua yaitu paket service dan pembersihan dengan 3M Throttle Body Cleaner dan Fuel Injection Cleaner. Kalau yang ini harus dilakukan di bengkel resmi Yamaha, dan sebaiknya dilakukan tiap 10 ribu kilometer.

Dalam tahapannya, throttle body akan dibersihkan dengan cara dilepas dan disemprot 3M Throttle Body Cleaner. Setelah throttle body bersih, lalu dilanjutkan dengan membersihkan injector. Untuk yang satu ini digunakan 3M FI Cleaner, cairan pembersih ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar.

Maka dari itu butuh special tools untuk memasukan cairan ke throttle body. Special tools ini mirip preasure regulator, tapi yang ini sudah didesain khusus untuk motor Yamaha dan hanya dimiliki oleh jaringan bengkel Yamaha.

Setelah 3M FI Cleaner terpasang pada special tools dan tersambung ke selang bensin yang menuju ke injector, atur tekananya agar mencapai 250 Kpa sesuai standar Yamaha V-Ixion. Dan terakhir tinggal hidupkan mesin selama 10 menit. Kotoran akan bersih dengan sendirinya. 

 Masih belum puas? Silahkan pilih cara yang ketiga.


 Alat ini bukan cuma membersihkan tapi juga bisa melihat kondisi injector dari kualitas semprotannya

Silahkan pilih cara yang ketiga. Cara ini jauh lebih detail lagi, yaitu dengan menggunakan Yamaha Injection Cleaner. Alat yang satu ini digunakan untuk membersihkan injector. Bedanya, selain dibersihkan kondisi semprotan bahan bakar oleh injector bisa dipantau.

"Selain membersihkan juga bisa dilakukan pengetesan untuk melihat kondisi injector dari kualitas semprotannya, Alat ini memiliki dua tabung untuk melakukan tes volume dan sebuah ruang kaca untuk melihat arah semprotannya.

Satu lagi fasilitasnya adalah sebuah wadah kecil untuk membersihkan injectornya itu sendiri. Setelah dibersihkan langsung dilihat kualitas semprotannya. Kalau hasilnya belum memuaskan pembersihan bisa dilakukan berulang kali. Lengkap kan!




Penyebab Mesin Ijeksi Susah Langsam

 Sistem bahan bakar injeksi banyak disesaki peranti cangih. Tapi, masalahnya kadang sepele. Misalnya tidak mau langsam. Padahal distarter mesin mau hidup, tapi ketika grip gas dilepas, engine langsung mati.

Itu karena stasioner enggak mau stabil. Akibatnya, lengan dan telapak tangan jadi pegal karena musti menjaga irama rpm agar mesin tak mati mendadak. Belum lagi jalur yang sering dilewati sering macet. Apasih yang harus diperbaiki? Masalah sepele tapi di mesin injeksi serasa pusing. Yuk telusuri!


 Layaknya karburator, gejala tidak langsam di injeksi bisa disebabkan beberapa faktor. Tapi, tentunya di sistem injeksi lebih mudah dideteksi dong. Kan, ada tanda peringatan yang sumbernya dari sensor-sensor yang diaplikasi.

Mekanik pun enggak perlu tebak-tebakan buat cari tahu penyebab masalahnya. Cukup pakai alat diagnostic tool. Begitu soket pembaca kerusakan ini dicolok ke pacuan, part langsung scaning tiap sensor.

Misalnya di Yamaha V-Ixion. Jika ada gelaja tidak langsam, kondisi ini bisa disebabkan adanya gangguan di sensor Intake Air Pressure (IAP). Sensor ini berfungsi membaca udara bersih yang masuk ke throttle body.

"Jika ada gangguan di sensor ini, alat akan memunculkan kode kerusakan S/D14,” Gangguan yang dimaksud, adalah terjadinya penyumbatan di sensor.

Meski lubang sensor tersumbat, tapi mesin memang masih mau hidup dan bisa dipakai jalan. Tapi, tentunya campuran udara dan bahan bakar yang dihasilkan menjadi tidak sempurna. Tersumbatnya lubang, bisa disebabkan kotoran seperti debu atau partikel halus lainnya.

 Membersihkannya mudah. Cukup bongkar throttle body dan bersihkan pakai cairan perontok kotoran. Baiknya, cairan yang dipakai khusus dan mengandung petroleum based solvent. Bukan cairan pembersih karburator biasa, lho.

Tapi baiknya, tidak dilakukan sendiri. Karena di throttle body terdapat beberapa sensor. “Jika sensor terganggu, bisa menyebabkan error di bagian lain. Misalnya di ECU,”



Faktor Lain

Kejadian motor injeksi tidak langsam ada beberapa faktor. Faktor pertama bisa dari busi. “Busi yang dibersihkan pakai bensin bisa bikin motor jadi tidak langsam. Karena busi cepat aus,

Kemudian, bisa juga disebabkan setelan kerapatan klep yang tak sesuai rekomendasi pabrikan.        “Standar penyetelan klep di V-ixion, biasanya klep in 0,10-0,14 dan klep ex 0,16-0,20,"

Ada lagi, yaitu gangguan angin yang masuk filter udara. Disarankan, jangan pernah menaruh jas hujan dekat boks filter. Terutama di pacuan model sport. Seperti Yamaha V-ixion yang lubang isap filternya berada di bawah jok pengendara.

Karena dikhawatirkan, jas akan menutup jalur udara yang dibutuhkan engine melalui boks. “Kalau tertutup, akibatnya motor jadi kekurangan asupan udara, sehingga bisa menyebabkan tidak bisa langsam. Karena perintah yang masuk ke sensor menjadi ngaco. Sama seperti filter udara yang kotor,”