DOCTOR

DOCTOR
My The Doctor Otomotif

Pages

Sabtu, 16 April 2011

CARA PASANG TABUNG SHOCK DEPAN

        GANTI TABUNG SHOCK SENDIRI COY.......

Kemarin bapake bahas tabung shock variasi. Untuk hari ini bapake mau kasih tau lagi cara pasangnya. harapan bapake supaya sobat sobat / para mas bro bisa pasang sendiri tanpa memerlukan jasa bengkel. jadi.....bilamana sobat / mas bro sudah merasa bosan tinggal ganti lagi pake yang aslinya sendiri. tidak lari lagi ke bengkel........

Shock DepanBuat pemilik skutik, jika Anda punya keinginan untuk ganti tabung shock depan dengan model variasi, maka Anda tidak perlu ke bengkel karena bisa pasang sendiri.

“Hanya memindahkan as shock dari tabung standar ke yang baru,”  Proses ini dipraktikkan pada Honda BeAT atau Vario, dengan mengganti tabung standar menjadi tabung bermerek Pico. Produk ini paling diminati karena tampilannya seperti model upside down, padahal prinsip kerjanya seperti teleskopik biasa.

Berikut langkah langkahnya... 

 Lepas baut roda depan dengan kunci 17 mm. Kemudian, lepas baut sepatbor bagian dalam pakai kunci ring 10 mm, dan dilanjutkan ke bagian shock. Lantas, kendurkan baut 14 mm yang melekat di segitiga bawah




Kini, shock depan standar telah terlepas. Untuk memindahkan as shock ini, kita pakai peralatan khusus untuk melepas suling shock.

“Kalau tidak punya bisa pinjam ke bengkel,” tapi......apa bila merasa malu bisa pinjem ke teman......bagaimana ?????

Mari lanjutkan. Lepaskan penutup shock di as. Caranya, tekan penutup itu ke dalam, kemudian lepaskan klip pengganjal penutup shock tadi dengan cara mencongkel pakai obeng pipih (-). Setelah lepas, keluarkan per di dalam tabung dan buang oli shock. lihat gambar di atas yang ada setempel bapakenya

Nah, Selesai proses ini, lanjutkan memakai alat khusus untuk melepas suling shock. Siapkan kunci L ukuran 8



Bila sudah, pakai alat tadi untuk membuka as shock dengan kunci L ukuran 8 tadi. Tahan baut yang ada di dalam shock,dengan catatan jikalau ikut berputar,

Lanjut,, buka baut yang ada di bawah tabung shock dengan kunci L8. seperti gambar yang di atas, gambar pertama

Ketika suling dan as shock sudak lepas, langsung pasang ke tabung yang baru. Cara pasangnya sama ketika membuka. Ingat! Sebelum pasang, bersihkan oli yang tersisa di suling dan as shock dengan cairan, semisalnya bensin. karena bensin bisa cepat kering alias tidak berminyak

Saat memasang, enggak usah pakai seal baru karena pada tabung Pico sudah ada. Usai pasang suling dan as, tuang oli shock ke dalam tabung 50-60 ml (untuk skutik atau bebek)


Jika sudah selesai, maka pasang kembali shock berikut sepatbor. Untuk model Pico, dudukan buat cakram perlu dibuat ulang. Jadi, kondisinya tidak tertanam di tabung, jadi musti pake baut dan mur

Selamat mencoba......by bapake.



Tolong komentarnya, because your satisfaction is our priority

Jumat, 15 April 2011

Skutik Pakai Tabung Sokbreker VARIASI Kaki Lebih Berotot Kekar

Tabung ShockTabung shock sekutik variasi lebih berotot dan tampak lebih kekar,

Para modifikator mengubah tampilan sektor kaki-kaki baik depan maupun belakang. Pada skutik, melakukan hal tersebut salah satu caranya dengan ganti tabung sok asli dengan aftermarket (gbr.1).

“Saat ini karena banyaknya modifikasi dengan bahan skutik, maka jadinya banyak juga bermunculan merek tabung sok. Namun dari produk yang ada, bahan utama yang dipakai adalah aluminium.


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

Saking banyaknya pilihan, tentu bikin hunting tabung sok buat skutik yang banderolnya Rp 450 ribuan ini jadi gampang. Oh ya, berbicara soal kemudahan tidak hanya soal mencarinya saja lo. Bongkar pasang tabung sok bawaan pabrik jadi barang aftermarket juga tergolong mudah.

Mau tau caranya? Yuk kita praktikkan pada Yamaha Mio. Sebelumnya siapkan dulu alat kerjanya yang berupa kunci ring ukuran 14, kunci L-10, obeng minus dan oli khusus sok. Langkah paling awal lepas dulu ban dan sepatbor depan. Selanjutnya baru kendurkan baut pengunci as sok depan (gbr.2).

Berikutnya longgarkan baut L di bawah tabung sok depan, alat yang dipakai kunci L-10 (gbr.3). “Jangan lupa sediakan kaleng buat wadah oli yang keluar dari tabung sok,

Gbr 5

 Bila oli dalam tabung sok susah keluar semua, langkah   

 berikutnya  tinggal tarik tabung dari as sok dan ganti dengan

 tabung sok aftermarket. Oh ya sebelum tabung tersebut

 dipasang, lepas dulu 2 sil di tabung sok bawaan motor (gbr.4).

 “Kalau part itu belum bocor, tinggal pasang deh ke tabung sok

aftermarket. Tapi bila ternyata silnya rusak, mesti ganti baru,

Langkah akhir dari prosesi ini, masukkan lagi oli sok ke dalam tabung (gbr.5)

Bisa pakai oli yang lama atau ganti oli sok yang baru. Soal takaran, cukup samakan dengan aslinya yang hanya pakai 60 ml. OK

Selamat mencoba.........

Senin, 11 April 2011

TELITI SEBELUM MEMBELI BAN

 ****Ada beberapa tips yang mesti brader ingat di saat mau ganti ban motor sampean. kita cari tau......

Ban cepet rusakBan motor cepat rusak karena dua hal. Pertama, karena ulah penjahat menyebar “ranjau” berupa paku atau benda tajam lainnya, yang marak belakangan ini. Kedua, karena kecerobohan pemilik kendaraan. Kecerobohan tersebut di antaranya cara berkendara yang “jorok”, seperti sering menghajar lubang atau menabrak benda keras. Kemudian, mereka tidak memerhatikan kondisi komponen yang berkaitan dengan ban. Misalnya, membiarkan tekanan angin kurang atau sering membawa beban yang berlebihan.
Dorari, spesialis OEM Tire PT Gajah Tunggal, produsen ban IRC, memberikan beberapa contoh kerusakan pada ban, disertai penyebabnya.

Pertama, ban sobek, akibat kurang tekanan angin, lantas menghajar lubang atau menyeret benda tajam (ranjau) cukup jauh. Jika pakai ban dalam, sobek kecil tidak akan membuat ban kempis.

Kedua, ban benjol. Ini menandakan bahwa benang konstruksi di dinding putus. “Biasanya (karena) bagian samping membentur trotoar. “Kalau benjol di tengah, itu lantaran kondisi suspensi mati sehingga ban seperti dibiarkan menahan beban berat kendaraan plus pengendara dan penumpang,” ini sih menurut bapake

Ketiga, kembang ban termakan sebelah. Penyebabnya terdiri dari beberapa kemungkinan, seperti kondisi velg yang sudah tidak balance. Kalau menggunakan jari-jari, Bapake menyarankan agar bagian itu disetel ulang.

Kemungkinan lain, volume shock sudah tidak seimbang. Dampaknya, “Kerja suspensi pun jadi tidak sama,” sumber itu di dapat dari endri, Kepala Mekanik arista plumbon di cirebon, dealer yamaha.

Faktor penyebab lain, bushing swing arm sudah aus sehingga posisi roda oblak dan bikin ban tidak rata ketika menapak di permukaan jalan.

Kode Produksi Ban

Keempat, retak-retak karena terlalu lama disimpan sehingga membuat elastisitasnya berkurang. Lihat kode produksi ban yang terdiri dari 4 angka. Dua angka awal pertanda minggu produksi (bisa minggu pertama, kedua, dan seterusnya), sedangkan dua angka di belakang menandakan tahun produksi.

Tidak ada salahnya apabila sampean mau beli ban di teliti dulu......karena pembeli adalah RAJA ,

Minggu, 10 April 2011

VALENTINO ROSSI AND NICKY HAYDEN TEST THE DUCATI

Setelah melakukan "penggeledahan" pertama di Jerez de la Frontera hari ini dengan hasil positif, Franco Battaini dan Vittoriano Guareschi besok akan meninggalkan sepeda di tangan pabrik Ducati MotoGP Team rider Valentino Rossi, yang kembali ke sirkuit Andalusia lima hari setelah berkompetisi ada di Grand Prix Spanyol. Sabtu akan menjadi giliran tim Rossi, Nicky Hayden, yang kembali ke Spanyol menyusul penampilan promosi di Jerman.

Sedangkan pengembangan GP11 hasil pada kecepatan penuh sesuai dengan petunjuk dari Tim Test dan Battaini, Rossi dan Hayden akan didukung oleh struktur khusus yang terdiri dari insinyur dan mekanik dari tim pabrik, dengan Direktur Teknik Filippo Preziosi mengawasi operasi seperti biasa



 Hari terakhir pengujian di Jerez de la Frontera tidak bisa dimulai sampai 13:00, karena kondisi cuaca yang tidak menguntungkan yang disambut Ducati MotoGP Tim tiba di sirkuit. Kelembaban tinggi yang berbatasan pada hujan dibuat naik di jalur yang tidak praktis sampai waktu makan siang, saat matahari keluar dan benar-benar kering aspal. Nicky Hayden Oleh karena itu dapat mencoba GP12, sama seperti rekan setimnya telah dilakukan kemarin, dan dia cepat dibuat untuk waktu yang hilang, menjilat hampir terus menerus sampai menyelesaikan 61 lap


 Ketika aku bangun pagi ini, langit benar-benar abu-abu dan melacak benar-benar basah," kata Nicky Hayden.

  "Saya cukup kecewa. Saya tidak berpikir kita akan bisa melakukan apa-apa karena tidak akan masuk akal untuk limbah pengujian hari dalam kondisi. Situasi menjadi lebih baik dan lebih baik meskipun, dan setelah makan siang, saya bisa memakai kulit saya. Saya tidak sabar untuk naik, dan itu pantas ditunggu. Ini suatu kehormatan untuk dapat berpartisipasi dalam tes lagu pertama GP12 karena tidak terjadi sangat sering bahwa Anda mendapatkan untuk naik sepeda di jalur untuk pertama kalinya: itu perasaan khusus. Semuanya berjalan dengan baik,dan kami tidak punya masalah tunggal: 

motor benar-benar baik untuk digunakan, dan saya memiliki banyak kesenangan naik sepeda. Saya harap saya memberikan beberapa umpan balik yang berguna untuk Filippo dan anak-anak. Aku tahu mereka akan bekerja pada motor ini sementara kami kembali ke fokus pada perlombaan berikutnya, karena musim ini baru saja dimulai "


Valentino Rossi mengambil putaran pertama kapal Ducati GP12 pagi hari Jumat di sirkuit Andalusia di Jerez de la Frontera pada hari yang cerah dan hangat (29 ° udara, 41 ° lagu; 84 ° dan 106 ° Fahrenheit, masing-masing), dengan ketidaksempurnaan hanya menjadi angin yang kuat. Italia dibutuhkan untuk rangkaian beberapa menit setelah 11:00 dan melakukan menjalankan pertama dari enam lap. Dengan outing yang telah diselesaikan tanpa masalah, pekerjaan terus berlanjut sepanjang hari, pada akhir yang Valentino telah berbalik 50 lap.

Vittoriano Guareschi, yang telah dipakai kulit nya naik pada hari Kamis, hari ini tampak setelah uji Valentino, berpartisipasi bersama dengan Filippo Preziosi di semua briefing mini-antara berbagai berjalan. Sementara itu, Franco Battaini melakukan tes dari GP11, bekerja dengan pengaturan elektronik dan chassis.

"Saya senang," kata Valentino Rossi setelah pengujian. "Saya suka GP12 itu. Menurut pendapat saya, itu lebih menyenangkan, lebih menyenangkan untuk naik. Ini adalah pertama kalinya kami di trek, jadi kami memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tapi mesin ini lebih bagus. Ini sangat menyenangkan, dan Anda dapat melakukan beberapa slide yang bagus. Ini adalah sepeda kita akan naik tahun depan, jadi sangat penting-dan juga sangat bagus-untuk menjadi orang yang pertama untuk bawa di trek. "
"Kami memilih untuk memiliki pembalap pabrik kami-hari ini Vale, besok Nicky-coba sepeda awal dengan uji pertama, karena kita berpikir umpan balik mereka sangat penting untuk memulai kita di jalan yang benar untuk pengembangan awal," kata Filippo Preziosi. "Untuk dapat bekerja dengan Vale selama sehari penuh lebih dari teknisi pun bisa bertanya. Kami mengumpulkan umpan balik yang cukup bahwa kami akan diterjemahkan ke dalam desain lebih lanjut dan pengembangan untuk motor tahun depan. Beberapa hal yang positif adalah bahwa pilihan teknis dibuat untuk GP12 dalam tahap perencanaan awal, pada tahun 2010-dan aku merujuk terutama untuk mesin, yang masih bang-besar, dan untuk bagian belakang akhir telah disahkan oleh Valentino. Ini memberi kita kepuasan yang besar, dan kami optimis tentang pekerjaan yang masih harus dilakukan. Kita tahu bahwa pesaing kami juga bekerja keras dan mengembangkan 2012 mereka sepeda, tapi itu hanya membuat tantangan yang lebih baik. "




Sabtu, 09 April 2011

TIPS MEMBEDAKAN SAPERART ASPAL

Salam sejahtra para mas mas bro end sohib sohib bapake. kali ne bapake mau ngasih saran/solusi buat sobat sobat bapake yang budiman.

Suku cadang motor aspal ( asli tapi palsu ) jelas merugikan buat para mas bro, bagai mana tidak?? barang barang aspal sengaja di buat hampir sama persis dengan yang asli oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. padahal secara harga tidak jauh berbeda dengan part yang asli. niatnya sih mau irit.......tapi malah jadi boros.


Makanya kudu teliti sebelum membeli spare part motor. terutama di bengkel umum. cek baik baik kondisi barang tersebut


Berikut tips untuk menghindari suku cadang "aspal"

**KEMASAN,
 Jangan tertipu kemasan unik dengan warna yang tidak biasanya. kemasan atau bungkus dari komponen. kemasan atu bungkus dari komponen spare part asli. biasanya memiliki warna serta tulisan lebih jelas di banding suku cadang palsu. jangan lupa sobat, pembeli adalah raja. jadi jangan takut menanyakan secara teliti kepada pemilik toko

**HARGA
 Karakter pembeli di indonesia memang one for all ( satu untuk semua ). mau murah , tapi berkualitas, awet, dapat discont pula sekaligus pulang bawa hadiah. tidak dapat di pungkiri. harga menjadi suatu dari sekian banyak alasan konsumen memilih suku cadang. namun perlu diingat, bila pedagang menawarkan harga yang miring, bradercis perlu waspada. boleh jadi suku cadang yang di tawarkan itu palsu, cari yang asli saja, meski harganya agak mahal, yang terpenting kualitasnya terjamin bro......


Saran dari bapake Service ke bengkel resmi sajah..........dari pada bradercis kurang yakin dan was was terus terang suku cadang asli atau bukan. bentuk yang paling aman ya.....service di bengkel resmi. bisa langsung komplain sehingga keluhan bradercis cepat teratasi.......

 by ; the bapake.

Selasa, 05 April 2011

ROSSI JELASKAN INSIDEN DIA DAN STONER

JEREZ, Seri kedua MotoGP 2011 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (3/4/2011), menghadirkan drama karena tujuh pebalap mengalami kecelakaan. Dari sejumlah insiden tersebut, Valentino Rossi dan Casey Stoner juga terlibat karena mereka bersenggolan di tikungan pertama pada lap ketujuh.


 Ini benar-benar kesalahan saya dan saya harus meminta maaf kepada Casey. Saya tahu bahwa dia pasti sangat marah karena dia sama sekali tak membuat kesalahan. Saya langsung pergi minta maaf.

Saat akan mendahului pebalap Repsol Honda itu dari sisi dalam, motor Rossi tergelincir dan jatuh sehingga Stoner yang persis di sampingnya harus ikut menanggung akibatnya. Kedua pebalap terjatuh dan bisa bangun lagi, tetapi Stoner langsung masuk garasi, sedangkan Rossi mampu meneruskan balapan dan finis di posisi kelima.

Tentang insiden ini, Rossi sudah meminta maaf kepada Stoner. Seusai balapan, "The Doctor" mendatangi garasi Honda untuk menyatakan rasa bersalahnya. Kini, Rossi memberikan keterangan lebih lanjut tentang apa yang terjadi sehingga dia "mengeluarkan" Stoner dari balapan di sirkuit yang sedang basah tersebut.

Menurut Rossi, sebenarnya dia tak berusaha untuk menyalip Stoner ketika mereka memperebutkan posisi kedua di GP Spanyol itu. Akan tetapi, perbedaan waktu dalam melakukan pengereman membuat kecelakaan tak terhindarkan.

Rossi mengawali balapan dengan sangat bagus. Start dari posisi ke-12, dia langsung naik satu strip dan terus merangsek ke depan. Pada lap ketujuh, dia sudah berada di barisan depan dan punya peluang besar untuk melewati Stoner, yang waktu itu menempati posisi kedua di belakang pebalap Gresini Honda, Marco Simoncelli.

Sayang, saat akan mendahului Stoner di tikungan, dia terjatuh dan terjadilah insiden tersebut. Padahal, menurut Rossi, dia berusaha mengerem untuk menghindari senggolan dan berharap Stoner kembali berada di depan.

"Ketika saya berada di belakang Stoner, saya tidak ingin menyalipnya waktu pengereman. Namun, saya mengerem sedikit lebih dalam dibanding dia, dan saya datang terlalu cepat sehingga tidak punya cukup ruang untuk belok dari sisi luar sehingga saya mencoba untuk lewat sisi dalam untuk mengurangi masalah pada kami berdua. Namun sayang, roda depan tergelincir dan saya juga menyeretnya keluar," urai Rossi.

"Ini benar-benar kesalahan saya dan saya harus meminta maaf kepada Casey. Saya tahu bahwa dia pasti sangat marah karena dia sama sekali tak membuat kesalahan. Saya langsung pergi minta maaf."

Ketika Rossi pergi meminta maaf kepada Stoner di pit Honda seusai balapan, kamera televisi sempat merekam sedikit percakapan dua pebalap tersebut. Stoner bertanya kepada Rossi mengenai kondisi bahunya, dan pebalap Australia tersebut mengatakan bahwa "ambisi melebihi bakatnya". Rossi hanya tertawa mendengar komentar rivalnya tersebut.

"Saya tidak tahu, mungkin dia tidak tahu persis siapa saya!" ujar Rossi kepada televisi Italia1. "Tapi tidak apa-apa, itu cukup adil, dia pasti marah dan saya pun mungkin demikian. Saya telah melakukan kesalahan dan bagi saya itu sangat penting untuk meminta maaf. Saya tidak begitu tertarik pada apa yang dikatakannya."

Mengenai jalannya balapan, Rossi sangat yakin dia punya kesempatan menjadi pemenang seandainya tidak mengalami kecelakaan. Meskipun demikian, juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut tetap senang bisa finis di urutan kelima.

"Ketika lintasan basah, saya berhasil membukukan lap tercepat. Jadi, saya punya kesempatan yang bagus untuk memenangi balapan," ungkap Rossi.

"Pada akhirnya, tempat kelima adalah hasil yang positif bila berada di lintasan kering. Namun, di lintasan basah, kami lebih kompetitif. Cuaca saat balapan membuat kami beruntung, dan cuaca itu memberi kami kesempatan besar untuk meraih kemenangan pertama atau podium pertama dengan Ducati. Sayang, saya membuang kesempatan ini dengan melakukan sebuah kesalahan."

Tentang kondisi bahunya, yang sedang dalam proses penyembuhan akibat kecelakaan motokros pada awal tahun lalu, Rossi mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah masalah besar ketika tampil di sirkuit basah.

"Di trek basah saya bisa mengendarai motor 100 persen dengan kondisi bahu yang sekarang," ungkap Rossi. "Saya bisa mengerem dengan kondisi mataku bisa mengatakan untuk mengerem. Usaha pada bahu saat belapan di trek basah jauh lebih kecil lantaran cengkeraman ban kurang. Ini membuat saya optimistis."


 Valentino Rossi mengakui, dia telah membuat sebuah kesalahan yang berujung pada sebuah senggolan dengan pebalap Repsol Honda, Casey Stoner. Akibatnya, mereka jatuh dan Stoner gagal melanjutkan lomba pada seri kedua MotoGP 2011 di Sirkuit Jerez, Spanyol, sedangkan dirinya bisa menyelesaikan balapan 26 lap tersebut dan finis di urutan kelima.

Insiden tersebut terjadi di lap ketujuh ketika Rossi ingin melakukan manuver untuk merebut posisi kedua yang ditempati Stoner. Sayang, saat mengambil dari sisi dalam ketika menikung ke kanan, motor Rossi tergelincir dan jatuh sehingga Stoner yang berada di sampingnya terlibat dalam kecelakaan. Setelah dibantu oleh para petugas, Rossi bisa melanjutkan lomba. Sebaliknya, Stoner, yang menjadi pemenang seri perdana di Qatar, harus meninggalkan arena balapan dan istirahat.

Usai lomba, Rossi pergi ke garasi Honda untuk bertemu Stoner, yang meraih pole position. "The Doctor" menyatakan penyesalannya telah membuat rivalnya tersebut gagal menuai poin di seri kedua ini.

Berikut petikan percakapan Rossi-Stoner dalam pertemuan singkat tersebut.

Stoner (tersenyum): Bagaimana dengan bahumu? Apakah baik-baik saja?

Rossi (masih mengenakan helm): Saya sangat menyesal.

Stoner: Tak apalah. Anda memiliki masalah dengan bahumu?

Rossi: Saya melakukan sebuah kesalahan.

Stoner: Ya. Tentu saja ambisimu mengalahkan bakatmu.

Rossi: Eh?

Stoner: Ambisi lebih dari bakat.

Rossi: Saya sangat menyesal.

Stoner: Tidak masalah.

Di Sirkuit Jerez, Rossi, pemegang tujuh gelar juara dunia MotoGP, memiliki rekor sangat bagus karena dia sudah meraih enam kemenangan di kelas premier. Bandingkan dengan Stoner yang belum pernah menang di Sirkuit Jerez. Juara dunia 2007 tersebut baru satu kali naik podium pada musim 2009 bersama Ducati, itu pun karena finis di posisi ketiga.


 by the bapake yang bangga ame rossi bro. jadi bapake akan selalu sering cari tau tentang rossi