DOCTOR

DOCTOR
My The Doctor Otomotif

Pages

Rabu, 29 Desember 2010

ROSSI BIKIN TEAM MOTO2 UNTUK MUSIM 2011?



Legenda MotoGP Valentino Rossi, saat ini memang masih menjadi fokus pembicaraan banyak orang. Karena tahun depan Rossi tidak saja hanya akan memulai hidup barunya dengan tim Ducati, namun juga akan membuat tim Moto2 sendiri. Wah, tentunya ini akan menjadi mainan baru bagi Rossi. Mengingat selama ini ia hanya memainkan peran sebagai pembalap di sebuah tim.

Kesuksesan ajang Moto2 menggantikan kelas 250cc pada tahun pertamanya saat ini, memang tidak dapat dipungkiri menjadi daya tarik tersendiri bagi kelas feeder MotoGP. Bahkan sosok Rossi pun tertarik untuk membuat tim Moto2 sendiri. Walaupun belum ada keterangan resmi dari Rossi sendiri, namun sudah ada sedikit detail mengenai tim ini nantinya.

Kabarnya Rossi akan merekrut Andrea Iannone jadi pembalapnya, dan menggunakan chasis dari Suter sebagai pemasok chasisnya. Belum jelas Rossi akan menurunkan dua pembalap atau hanya satu, yang jelas tim ini akan dibiayai dari uang penghasilan Rossi sendiri.

Dari sisi teknis, ini akan cukup menguntungkan bagi tim dan pembalap. Rossi mempunyai pengalaman yang banyak, dan pengetahuan segi teknis yang tinggi. Tentunya akan sangat membantu tim untuk menjadi tim terbaik di Moto2 nantinya. Rossi akan dibantu oleh Uccio Salucci, yang akan diangkat sebagai manager tim.

Sementara dari sisi bisnis, juga akan cukup menguntungkan. Nama besar Rossi dan pembalapnya Iannone, akan menjadi magnet jual yang kuat tim ini. Apalagi Rossi juga bersamaan akan hengkang ke tim Ducati untuk musim depan, yang membuat potensi marketingnya akan semakin menguat.

Sisi lain yang menjadi keuntungan terbentuknya tim ini, Rossi siap untuk mengakhiri karirnya sebagai pembalap. Dan beralih sebagai manager sekaligus pemilik tim nantinya. Belum ada kepastian kapan tim ini akan resmi diumumkan. Kita tunggu saja!

Sabtu, 25 Desember 2010

TEHNIK CARA RISET MOTOR BALAP

  Kompetisi Dan Harian Monggo!

Buat maticaddicts yang pilih Honda BeAT, tentu sudah merasakan ketangguhan dan keandalan mesinnya. Meski begitu, buat yang masih merasa kurang puas sama tarikan standarnya, bisa melakukan upgrade performa jadi 130 cc.

Bisa dipakai buat harian atau turun di ajang resmi balap skutik. Maklum, di Tanah Air sedang ramai matic race (drag matic atau road race).  Toh di arena kompetisi motor tanpa gigi (kelas 130 cc) di kancah motoprix sudah resmi masuk jadi MP7.

Mau tau CARA bore-up 130 cc? Menurut Buku Catatan Bapake. Gampang! Intinya, "Biar motor jadi tambah kenceng, maka yang harus dilakukan mengganti piston yang lebih besar,"

Piston   

Demi meningkatkan volume ruang bakar, diganti produk aftermarket berdiameter lebih besar. Tujuannya agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak, sehingga pembakaran meningkat. "Kalau untuk balap, 130 cc sudah pas dan cukup,

Koil & CDI Racing

Berhubung pasokan BBM di ruang bakar diperbanyak, CDI dan koil standar juga mesti diganti produk racing. Ini buat meningkatkan letikan api di busi agar pembakaran lebih sempurna dan maksimal. "Harganya emang lumayan. Tapi efektif buat mendongkrak power,

Per CVT  

Diubah buat mempercepat proses transfer tenaga dari mesin ke transmisi matik.  "Karakter tipe ini kebanyakan lebih keras dibanding aslinya, sehingga daya dorong dan tekannya juga lebih kuat. Ini untuk mengatasi putaran bawah biar tak terlalu lambat,.
 
Karburator & Knalpot    


Kedua peranti ini juga bisa diganti tipe kompetisi kalo kebetulan isi dompet masih mencukupi. Maklum, karbu racing punya lubang venturi lebih besar dibanding standarnya. Gitu juga saluran buang, sudah diformulasi untuk memenuhi kebutuhan mesin.

Tertarik? Silakan hubungi bengkel di bawah ini.

JP Racing (021-70993827)
130cc (pemula): piston Izumi 54,4 mm, blok piston, noken as Kawahara, papas head, liner, tambah per klep, posting polish, roller Kawahara, CDI BRT, bobok knalpot, Rp 3 juta.

130 cc (open) : (paket sama seperti pemula) ditambah klep Sonic karburator SP, intake Koso, knalpot Kawahara K1 Rp 5 juta.

Clinic Motor (021-9288165)
130 cc (pemula): piston Izumi 54,4 mm, blok piston, noken as Kawahara, papas head, liner, tambah per klep, posting polish, roller Kawahara, CDI BRT, bobok knalpot, Rp 2,5 juta.

130 cc (open): (paket sama seperti pemula) ditambah klep Sonic karburator SP, intake Koso, knalpot Kawahara K1 Rp 4,5 juta.

AL-Yamin (021-8093838)
130 cc (pemula): piston Izumi 54,4 mm, blok piston, noken as Kawahara, papas head, liner, tambah per klep, posting polish, roller Kawahara, CDI BRT, bobok knalpot, Rp 2,8 juta.

130 cc (open): (paket sama seperti pemula) ditambah klep Sonic karburator SP, intake Koso, knalpot Asukau, kampas kopling sentrifugal Rp 4,5 juta.

Sinergi Motor (021-93538423)
130 cc (pemula): piston Izumi 54,4 mm, blok piston, noken as Kawahara, papas head, liner, tambah per klep, posting polish, roller Kawahara, CDI BRT, bobok knalpot, Rp 2,7 juta.

THE BAPAKE ( 0231-9250750 ),130 cc (open): (paket sama seperti pemula) ditambah klep Sonic karburator SP, intake Koso, knalpot CLD Rp 7,6 juta.


                    


AWAS GERAKAN SOK SKUBEK

Keberanian menurut Bapake jadi modal utama. "Cuma jangan terbiasa seperti naik bebek. Denagan cara nikung yang main banting motor aja. Padahal, jauh berbeda kalau bawa skubek,"

Skubek jelas banget, mengandalkan satu sokbreker seperti di Mio. Posisi sokbreker Mio ada di kiri. Berbeda dengan bebek yang banyak mengandalkan suspensi ganda. Dampaknya gaya balap harus berbeda dibanding bebek. "Waktu motor nikung ke kanan ban bergeser ke kiri lebih banyak. Kalau nikung ke kiri ban ke kanan. Banting motornya harus diayun perlahan,"

Menurut buku catatan Bapake, karakter gerakan ban belakang bisa dimanfaatkan jadi rolling speed. setelah mau keluar tikungan buka gas perlahan yang bisa bikin hi-dung motor lebih cepat menikung searah jalur berikutnya.


“Sebenarnya mesin enggak perlu kencang. Yang dipentingkan itu sebenar-nya torsi. Terus, rangka pun harus diset sempurna,” Lagian karakter sirkuit pendek-pendek. Lintasan lurus kurang dari 200 meter. Pembalap enggak bisa membuka lama handel gas karena sudah ketemu kelokan. “Makanya butuh kompresi tinggi. Rangka diseting ulang lewat sokbreker belakang dan engine mounting. Sok diset supaya rebound lambat dan kompresi cepat. Dan mounting pakai bahan teflon yang sudah banyak di pasaran.

Monggo.... di pilih dan di fikirkan,,,,,

ROSSI PINDAH RESMI KE DUCATI


Akhirnya, Rossi Pindah Resmi Ke Ducati Musim 2011

Seperti yang dijanjikan jauh hari, Rossi bakal mengumumkan masa depannya setelah race Motogp Brno, Rep. Ceko dannnn Akhirnya terjawab sudah teka-teki yang bikin dunia Motogp penasaran selama ini. Yup, apa lagi kalo bukan soal keputusan masa depan Valentino Rossi untuk musim 2011. Dan akhirnya, berakhir sudah kisah indah Yamaha dengan Valentino Rossi yang berjalan selama 7 musim dan menghasilkan 4 kali juara dunia kelas tertinggi balapan motor dunia, Iya juara dunia Motogp! Rossi menyatakan tugasnya di Yamaha sudah selesai dan resmi pulang kampung ke Italia untuk membela Tim Kebanggaan Publik Italia setelah menyepakati kontrak selama 2 musim ke depan.





Berikut pernyataan Lin Jarvis, Direktur Yamaha Motor Racing “Atas nama Yamaha Motor Group, saya ingin menyampaikan terima kasih kami selama tujuh tahun yang menakjubkan kita telah menghabiskan waktu bersama. Valentino bergabung dengan Yamaha tahun 2004 di saat ketika Yamaha berjuang setelah sebelas musim tanpa gelar juara. kemenangan Valentino di balapan pertama GP untuk Yamaha di Afrika Selatan pada tahun 2004 adalah saat yang luar biasa dan hanya yang pertama dari banyak kemenangan yang membuat kegembiraan luar biasa buat fans MotoGP dan fans Yamaha di seluruh dunia. Skill yang tak tertandingi sebagai seorang pembalap dan seorang pengendara yang mempu mengembangkan motor memungkinkan dia untuk memenangkan empat gelar dunia MotoGP hingga kini bersama kami dan membantu mengembangkan Yamaha YZR-M1 menjadi “motor acuan” untuk kelas MotoGP.”





Jadi gak perlu lagi bingung mikirin soal masa depan Rossi karena ini udah kesepakatan final dan gak perlu diragukan lagikayak kemarin-kemarin, Rossi pindah ke Ducati mulai musim 2011 ntar. Sekarang tinggal menikmati sisa musim 2010 ini yang 75% sudah di genggaman Lorenzo, semoga saja di sisa seri 2010 Rossi mampu memberikan kenangan manis buat Yamaha dan Motogp. Sayonara Yamaha, Benvenutto Ducati

Minggu, 12 Desember 2010

BERITA SEPUTAR THE DOCTOR

Kisah sukses Valentino "The Doctor" Rossi


Jika di Formula One kita mengenal Michael Schumacher sebagai sang legenda, maka di lomba balap motor pun ada jawaranya. Grand Prix Moto GP mencatat Valentino Rossi sebagai seorang master di balap motor ini. Pria kelahiran Urbino, Italia, 16 Februari 1979 ini berhasil menorehkan tinta emas di dunia balap motor dengan membukukan tujuh gelar juara dunia, sekali di kelas 125 cc, sekali di kelas 250 cc, dan lima kali di kelas puncak 500 cc dan MotoGP.

Bakat pria berusia 29 tahun ini sudah terlihat sejak kecil. Ketika anak-anak seusia asyik dengan mainannya, Rossi sudah bermain dengan motor balap sungguhan. Mental juaranya sudah terasah sejak usia dini. Di usia sepuluh tahun, bahkan Rossi sudah menjuarai kejuaraan gokart regional dengan mengalahkan lawan-lawannya yang berusia jauh di atasnya.

Pada usia baru menginjak 14 tahun, Rossi juga sudah menjadi juara balap nasional Italia di kelas 125 cc. Kemudian, pada tahun 1998 Rossi naik kelas di kategori 250 cc. Pada tahun pertama ia langsung menjadi runner-up. Perkembangan pesat hasil latihan kerasnya kemudian segera mengantarkan Rossi naik ke kelas internasional. Ia pun menjajal MotoGP kelas 125 cc. Tak perlu menunggu lama, setahun berikut ia sudah naik podium sebagai juara dunia kelas 125 cc.

Perkembangan karier Rossi melaju sangat pesat. Tahun 2000, penyuka tantangan ini menjajal kelas utama 500 cc. Prestasinya langsung menghebohkan publik dengan juara dunia kelas 500 cc di tahun kedua. Selama tiga tahun berturut-turut Rossi mempertahankan gelarnya di kelas utama bersama Honda.

Menurut Rossi kunci kemenangannya adalah ketenangan dan menjadi pemikir. "Di balap 500 cc kita tidak butuh superhero. Yang kita perlukan cuma tenang, kalem, dan pemikir seperti dokter,"ucapnya. Dengan ketenangan itulah, berkali-kali ia sering memperlihatkan aksi "akrobatik" saat hendak terjatuh atau saat menyalip lawan di tikungan.

Pada akhir musin 2003, Rossi memutuskan untuk meninggalkan tim Honda dan bergabung dengan tim Yamaha, yang terakhir meraih juara dunia pada tahun 1992 melalui pembalapnya Wayne Rainey. Awalnya, ia disangsikan bisa meneruskan kejayaannya saat masih di tim lama karena memang performa Yamaha dianggap masih sekelas di bawah Honda.

Tapi, bukan Rossi namanya jika tak mampu menaklukkan tantangan. Ia membuktikanb bahwa mesin hanyalah alat, dan oranglah-yakni dirinya sebagai pembalap-yang menentukan menang dan kalah. Dan, ia pun membuktikan semua omongannya. Tim Yamaha mampu diangkatnya ke pentas juara sehingga ia dijuluki The Doctor. Bersama tim Yamaha, Rossi berhasil membuktikan dirinya tetap menjadi yang terdepan dengan menjadi juara dunia tahun 2004 dan 2005.

Rossi merupakan sosok yang menyukai tantangan. Kepindahannya ke Yamaha memberikan tantangan tersendiri baginya. Motivasi untuk mengatasi tantangan membuat Rossi selalu berjaya di setiap kelas dan tim yang digelutinya. Ia merupakan sosok yang dinamis yang tak pernah berhenti dan merasa puas dengan pencapaiannya. Tantangan apapun yang ada di depannya pasti akan dikejarnya.

Menyukai tantangan dan tidak patah semangat adalah kunci keberhasilan dari seorang Valentino Rossi. Ia mampu membuktikan dirinya sebagai yang terdepan di arena balap MotoGP. Tekad dan pemikiran yang matang membuat namanya semakin berkibar di dunia internasional. Kisah perjalanan Valentino Rossi yang layak diacungi jempol dan diteladani. Luar biasa!

Kamis, 09 Desember 2010

HATI HATI OLI PALSU

Kapolres Jember AKBP M Nasri SIk menunjukkan produk oli abal-abal menembak merek Yanalube dan Federal. (foto: ki/zonaberita.com)
Kapolres Jember AKBP M Nasri SIk menunjukkan produk oli abal-abal menembak merek Yanalube dan Federal. (foto: ki/zonaberita.com)
Jember, thebapake.blogspot.com - Mesin motor Anda sering rusak? Ini kabar gembira. Ternyata, oli bermerk yang beredar di pasaran tidak menjamin berisi oli berkualitas. Produsen oli abal-abal dengan menembak merek terkenal berhasil dibongkar jajaran Resmob Polres Jember.

Kapolres Jember AKBP M Nasri Sik, didampingi Wakapolres Kompol Dedy dan Kasatreskrim AKP Nur Hidayat, dalam gelar perkara di Mapolres Jember, Jumat (23/4/2010), mengungkapkan untuk sementara yang terbukti dipalsukan baru dua merek, yakni Yamalube dan Federal Oil. Tetapi pemeriksaan kasus ini terus dikembangkan, karena tidak menutup kemungkinan tersangka juga memalsu merek lain.

Tersangka kasus pemalsuan merek oli ini diketahui bernama Yongky Yusaka bin Sanjaya Sinarawadi (48). Saat dilakukan penggerebekan di rumah sekaligus tempat produksinya di Jl Imam Bonjol, No 167 Dusun Krajan, Desa Glagah Wero, Kecamatan Kalisat, Jember, Jumat (23/4/2010) kemarin, ia sedang memproduksi oli abal-abal dengan sejumlah karyawannya.

Dari barang bukti yang ditemukan petugas, terlihat tersangka memproduksi oli tersebut dengan cara home industri. Tersangka menyediakan oli yang harganya jauh lebih murah lalu dicampur pewarna pakaian dengan alat khusus sehingga warnanya identik dengan warna oli merek Yamalube dan federal Oil.
Selain berhasil mengamankan bahan-bahan tersebut, polisi juga berhasil menemukan ratusan kemasan berupa botol, kaleng dan duz, lengkap dengan penutup terbuat dari aluminium, masing-masing dengan logo dan tulisan dua merek di atas.

Terungkapnya kasus tersebut berawal dari koordinasi jajaran Resmob Polres Jember dengan Resmob Polwiltabes Surabaya untuk menangkap tersangka penipuan dan penggelapan yang ditengarai sedang berkeliaran di Jember. “Setelah identitas tersangka kita dapat, kita langsung menggerebek rumahnya. Saat itulah kita memergoki ternyata tersangka Yongky juga memproduksi oli palsu,” papar kapolres.
Hanya tersangka sempat dibawa ke Mapolwiltabes untuk melengkapi berkas perkara di Surabaya kasus penipuan penggelapan. Setelah itu baru tersangka dibon untuk diperiksa di Polrse Jember terkait kasus pemalsuan olie tersebut.

Atas terungkapnya kasus tersebut, kapolres mewakili jajarannya mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polwiltabes Surabaya. “Kita bersyukur dan terimakasih. Karena dimintai bantuan Polwiltabes Surabaya kita malah bisa mengungkap kejahatan lain,” tegas M Nasri, yang dikabarkan mendapat promosi sebagai calon Wakapolres Metro Tangerang ini.

Dalam gelar perkara itu pula, Yongky Yusaka yang menghadapi jeratan pasal 62 ayat 1 dan 2 UU No 8 Tahun 1999, tentang Perlindungan Konsumen, dan Pasal 24 Ayat 1 UU No 5 Tahun 1984, tentang Perindustrian, mengaku oli palsu yang diproduksinya telah beredar selain di kawasan Jember juga Lumajang, Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo.(ki/ijo)

Minggu, 05 Desember 2010

TENTANG NOKEN AS

Di antara komponen pada motor yang paling utama untuk meningkatkan kecepatan mesin adalah memodifikasi camshaft / cam/ noken as. Noken as berfungsi mengatur buka / tutup klep yang dibutuhkan untuk mengatur bahan bakar melewati klep in dan membuang melewati klep ex secara selaras.


CARA KERJA NOKEN AS SEBAGAI BERIKUT :
  1. Apabila titik A menyentuh pelatuk, maka katup mulai terangkat dan akan terbuka penuh setelah mencapai puncak tonjolan ( titik B ).
  2. Setelah melewati puncak, katup akan turun kembali dan tertutup rapat setelah titik C.
  3. Dari A kemudian naik ke C dan kemudian kembali ke B disebut durasi noken as.
  4. Tinggi tonjolan menentukan Lift Max.
  5. Bentuk permukaan profil tonjolan menentukan percepatan penutupan dan pembukaan katup oleh bentuk permukaan profil tonjolannya.
LIFT MAX
Cara menentukan Lift Max pada motor balap :

Secara teori untuk motor standart, Lift Max adalah 23% dari diameter klep in. Kemudian untuk motor balap dengan sirkuit yang tidak begitu panjang, Lift Max sekitar 29% – 31% dari diameter klep in. Untuk balap dengan sirkuit panjang, Lift Max dapat dibikin sampai dengan 35% dari diameter klep.
Motorcycle

Cara menghitung durasi ada beberapa cara :
  1. Durasi dihitung setelah klep mengangkat 1,27mm pada setelan klep 0 (zerro).
  2. Durasi dihitung pada saat klep mulai membuka pada setelan klep 0,10 mm.
Untuk mempermudah pembuatan, kita akan menggunakan cara yang ke dua. Sebelum kita ingin menentukan angka durasi, harus kita ketahui dulu berapa LC (lobe center) pada noken as yang akan kita modifikasi.
Untuk mengetahui LC, kita harus memasang noken as pada mesin dan mengukur dengan busur derajat yang dipasang pada kruk as sebelah kiri / magnet.
Sebagai contoh :

LC PADA JUPITER Z : 103
Kita menginginkan durasi 310 derajat.
Berapa derajat in open dan berapa derajat in close ?
Perhitungan Untuk Mencari in close :

310 – 180 - 52 = 78
BERARTI UNTUK LC 103 JIKA KITA MENGINGINKAN DURASI 301 ANGKA DURASINYA ADALAH :
IN OPEN 52 SEBELUM TMA
IN CLOSE 78 SETELAH TMB
Untuk motor balap durasi idealnya adalah 29 - 33.
Untuk lift max motor balap durasi idealnya adalah :
7,5 mm - 8,3 mm
Keuntungan menggunakan lift tinggi dan durasi besar :
  • Tenaga mesin menjadi sangat besar
  • Mesin sangat bagus di putaran atas
Kerugian menggunakan lift tinggi dan durasi besar :
  • Pada putaran bawah kurang bagus
  • Per klep menjadi tidak awet
  • Klep floating / melayang apabila pir klep tidak kuat
  • Coakan klep pada piston harus dalam

SISTEM KELISTRIKAN

     Mekanisme kelistrikan. daya listrik menghasilkan pijaran busi yang menggerakan mesin dan menyuplai berbagai perangkat listrik lainnya yang mendukung kendaraan, sistem  ini terdiri dari beberapa mekanisme lain, di antaranya..

1. MEKANISME PENGAPIAN.....menghasilkan pijaran listrik bertegangan tinggi untuk membakar campuran bensin udara yang di perlukan untuk m,enggerakkan mesin

2. PEMBANGKIT LISTRIK ,mekanisme dinamo.....menghasilkan daya listrik ke setiap perangkat listrik secara terus menerus

3. MEKANISME PENERANGAN DAN SINYAL....sebagai alat penerangan dan sinyal untuk keamanan dalam berkendara indikator petunjuk

4. MEKANISME STARTER......alat untuk memutar crankshaft dengan menggunakan tenaga listrik sehingga mesinpun berputar

KOMPRESI RASIO SKUBEK

Pilih Piston Sesuai Kompresi 

Lagi, pengalaman dari Indonesian Super Matic Race 2010 bisa dijadikan pelajaran. Dalam mematok kompresi harus perhatikan piston. Tidak bisa seting kompresi tinggi jika pakai piston yang dipakai tidak mendungkung.

Pertama dialami thebapake. Untuk tempur di kelas FFA menggunakan piston Hi-Speed Thailand. Karena kompresi tinggi, piston jadi pecah...

Kejadian serupa dialami oleh mekanik dari Kawahara. Dia orang seting rasio kompresi 12,5 : 1 untuk Honda BeAT. Menggunakan piston Hi-Speed Thailand...

Baru dipakai beberapa lap, piston rompal terbakar. Tidak tahan digebuk kompresi tinggi. Apalagi bahan bakar yang digunakan ( Pertamax Plus ). Pengapian juga kudu diseting ulang...

Padahal menurut dia seting kompresi 12,5 : 1 di Yamaha Mio. Namun menggunakan piston FIM Izumi tidak masalah. Ini berarti jenis material piston sangat mempengaruhi kekuatan...

Namun piston FIM juga kudu waspada. Dialami oleh Padepokan Pertamina. Dengan kompresi lumayan tinggi piston FIM tetap ada kendala. Menurut pihak FIM itu piston versi lama. Yang terbaru sudah diperbaiki. Kode piston yang dipakai 18/50.

Begitu juga untuk piston Hi-Speed. Mariasan Kocek dari JP Racing pasang di Honda BeAT pacuan Doran Satria yang juara kelas 130 cc open. Tidak masalah, asalkan kompresi rendah. “Paling tinggi 11 : 1,”
Jadi jangan asal tinggi,semua harus memperhatikan itu bro!

KOPLING YAMAHA SCORPIO

MEMAKSIMALKAN KOPLING YAMAHA SCORPIO

Akselerasi standar Yamaha Scorpio sudah mumpuni. Dari pabriknya, si Kalajengking ini sudah dibekali kapasitas mesin 225 cc. Namun akselerasi masih bisa dimaksimalkan tanpa harus menyentuh bagian ruang bakar atau seputar kepala silinder. "Dengan sedikit sentuhan pada rumah kopling, power Scorpio standar bisa lebih teriak dan menyentak,"

Tentu ada beberapa modifikasi yang harus dilakukan. Terutama pada part yang ada di rumah kopling. "Intinya kopling harus mereduksi sekecil mungkin gejala selip putaran mesin.

Langkah pertama yaitu mengganti per kopling standar Yamaha Scorpio. Setelah beberapa kali mencoba berbagai pegas kopling, menurut bapake, yang paling cocok yaitu pakai per kopling Honda Tiger. Ini lantaran bahan yang dipakai dan punya diameter lebih besar. selain itu juga, memiliki ulir lebih rapat.

Buat pasang per kopling Tiger ini harus ada penyesuaian lebih dulu. Sebab diameter per lebih besar.

"Dudukan pegas pada tutup rumah kopling lubangnya harus dibuat lebih lebar. Tiap lubang diameternya di besaran 1,5 mm,"

Langkah selanjutnya bikin sirkulasi oli pada areal rumah kopling. "Berfungsi agar aliran oli pada rumah kopling merata dan seluruh kampas kopling terlumasi oli. Cara ini juga untuk menghindari kampas kopling mudah hangus ketika mesin berkitir,"

Carannya buat lubang tambahan. Yaitu pada kuku rumah kopling menggunakan mata bor diameter cukup 1,5 mm. Sedang pada bagian tutup rumah kopling, juga ikut dilubangi. Tapi, pakai mata bor berukuran lebih kecil pada beberapa lokasi.

Kalau sudah dilubangi, tinggal rakit kembali deh tuh rumah kopling. Sekadar mengingatkan, efek dari penggatian per kopling Honda Tiger bikin kopling akan sedikit lebih keras. Itu lantaran per kopling Tiger memang lebih rapat ketimbang punya Scorpio. "Tapi masih dalam batas normal. Yang pasti, entakan power benar terasa bedanya,"

Anda mau mencoba?

ROSSI

Sabtu, 27 November 2010


Valentino Rossi (lahir di Urbino, Italia, 16 Februari 1979; umur 31 tahun) adalah seorang pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia setelah era Michael Doohan, dengan titel juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarier.Ia adalah salah seorang pembalap tersukses sepanjang masa, dengan 9 gelar Juara Dunia. Menurut majalah olah raga terbitan Amerika, Sports Ilustrated, Rossi adalah salah satu olahragawan bergaji terbesar di dunia, ia diperkirakan digaji $34 juta pada 2007. Putra dari mantan pembalap GP 250 cc Graziano Rossi dan Stefania Palma ini memegang banyak rekor dan prestasi yang diraihnya melampaui banyak seniornya. Total pembalap eksentrik ini membukukan 9 gelar juara dunia, sekali di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, dan tujuh kali di kelas puncak, 500cc dan MotoGP.

Setelah ayahnya, Graziano Rossi, Rossi memulai balapan di Grand Prix pada 1996 untuk Aprilia di antara 125 cc kategori dan memenangkan Kejuaraan Dunia pertama tahun berikutnya. Dari sana, ia pindah ke kategori 250cc dengan Aprilia dan memenangkan 250cc Kejuaraan Dunia pada tahun 1999. Ia memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc dengan Honda pada tahun 2001, Kejuaraan Dunia MotoGP (juga dengan Honda) pada tahun 2002 dan 2003, dan melanjutkan kemenangan beruntunnya dengan memenangkan kejuaraan dunia 2004 dan 2005, setelah meninggalkan Honda untuk bergabung dengan Yamaha, sebelum merebut kembali gelar pada 2008 dan mempertahankannya di tahun 2009.

Rossi adalah yang pertama dalam klasemen terbanyak memenangkan perlombaan dalam sejarah 500 cc / MotoGP, dengan 77 kemenangan, dan kedua di sepanjang masa menang klasemen keseluruhan dengan 103 menang balapan (di belakang Giacomo Agostini dengan 122).

Dan sekarang tahun 2011 valentino rossi atau the doctor akan mencoba mesin ducati ( motor pabrikan itali) menurutnya akan sangat mengembirakan bagi penggemar itali, sang idola berasal dari itali dan menggunakan motor pabrikan itali..
 

MAUNYA ROSSI

Rossi Ingin Lebih Banyak Duel di 2010.


Rossi vs Lorenzo, Catalunya 2009.

Juara dunia MotoGP Valentino Rossi berharap di musim 2010 akan melihat kembali jenis balap duel jarak dekat yang biasanya terlihat di kelas utama selama era 990cc
.
Duel terakhir Rossi mencetak kemenangan di Catalunya (Barcelona), di mana dia melakukan aksi fantastis di tikungan terakhir menjelang finis dengan menyalib rekan setimnya, Jorge Lorenzo, dari dalam, sehingga keluar sebagai pemenang. Ini merupakan kemenangan pertama di lap terakhir sejak era 800cc dimulai tahun 2007. Di era 990c kita sering melihat bagaimana duel antara Rossi dan Gibernau yang “ngotot” hingga lap terakhir.

Balapan di Barcelona adalah salah satu dari tiga seri grand prix 2009 (dari 17) yang dimenangkan dalam jarak kurang dari satu detik, Padahal di World Superbike musim lalu, tidak kurang dari sembilan seri (dari 28) di mana selisih waktunya seperti itu.


“Pertama-tama, saya berharap bahwa di tahun 2010 mungkin dapat mengalami lebih banyak balapan seperti Barcelona tahun lalu atau Laguna Seca pada 2008, karena di masa lalu itu adalah hal yang paling positif tentang MotoGP,” ujar Rossi ketika ditanyakan tentang kemungkinan dirinya memenangkan lebih banyak balapan pada musim 2010 ini.


“Tapi dalam beberapa tahun terakhir, sayangnya, saya merasa kita tidak banyak melihat duel. Jadi semua orang berharap bahwa itu akan kembali seperti empat atau lima tahun yang lalu, dengan balapan jarak dekat dan ketat hingga lap terakhir. “


Tentang jumlah seri yang harus dimenangkan jika ingin menjadi juara musim 2010, Rossi tak bisa menjelaskan. Pembalap yang 16 Februari lalu genap berusia 31 tahun ini menilai sulit untuk memberikan prediksi.


“Tidak mungkin untuk mengetahui tentang jumlah kemenangan, karena kita memiliki sedikitnya empat pengendara yang dapat memenangkan lebih dari satu balapan. Jadi, akan selalu penting untuk akhirnya mendapatkan poin dan menang bila mungkin,” ungkap superstar MotoGP tersebut.
Enam kemenangan yang diraihnya di 2009 merupakan jumlah terendah yang pernah didapatnya selama satu musim balap dimana ia menjadi juaranya.


Kejuaraan dunia tersukses bagi “The Doctor” adalah di musim 1997 (125cc), 2001 (500cc), 2002 (990cc), dan 2005 (990cc) ketika Rossi berhasil meraih sebelas

THE DOCTOR

               Berdoa adalah sebuah aktifitas yang penting dalam hidup orang percaya.
 Berdoa adalah mengucapkan syukur atas apa yang ada dan menyerahkan segala sesuatunya di aktifitas kedepan. Berdoa adalah memohon Sang Khalik Semesta turut campur di setiap waktu detik-demi detik aktifitas seorang percaya. Berdoa adalah sebuah standar uji dari seorang percaya, karena didalam permohonan doa kita merasakan pekerjaan Tuhan yang riil.

               Doa adalah nafas orang percaya, doa adalah komunikasi antara roh-Roh (roh manusia- Roh Tuhan).
 Berdoa adalah masuk ke dimensi rohani, dimensi Tuhan. Berdoa adalah aktifitas tingkat tinggi antara manusia percaya dan Tuhan. Didalam doa, kita menjadi pemenang walaupun mungkin kalah didalam kenyataan, karena didalam doa Tuhan menghibur umatnya. Didalam doa kita semakin kuat karen Roh-itu memberikan pengertian dan kesejukan agar tetap sabar dan bertahan hingga menjadi pemenang.

Sumber detiksport.com Rossi berdoa
             Berdoa sebelum bertanding adalah meminta agar semua berlangung baik dan aman.
 Berdoa sebelum bertanding meminta agar Tuhan memberikan semangat yang positif, tidak curang. Berdoa sebelum bertanding adalah meminta Tuhan memberikan semuanya baik, tidakan, feeling, langkah, gerak dan semangat, emosi yang terkendali. Gambar di atas, menunjukkan seorang VALENTINO ROSSI sedang bersyujud dalam posisi berdoa, demikianlah Rossi.

            Dengan berdoa sebelum bertanding, kemenangan bukanlah tujuan akhir,
 sportifitas dan berkompetisi dengan menjaga aturan main adalah yang utama. Kemenangan merupakan sebuah harga dari berbagai faktor, kerja keras, semnagat, kerja sama dan sebagainya. Kekalahan adalah suatu posisi kembali kekesadaran untuk bekerja lebih keras, berusaha lebih baik atua mengakui lawan saat ini lebih baik.
Kemenangan dengan kecurangan tidak akan abadi, kemenangan dengan caci maki bukanlah kemenangan yang sempurna. Kemenangan dengan kecurangan tidak akan berlangsung lama, kemenangan sedemikian tidak akan mencapai kekemenangan pada kompetisi yang lebih tinggi.

 Kemenangan dengan kecurangan pada umumnya mati ditempat.

Kemenangan didalam doa membuat seorang tidak akan sombong, karena menyadari bahwa

Kemenangannya adalah sebuah kerja keras yang diberkati oleh Tuhan.

Indonesia berdoalah sebelum bertanding………………………………… dalam segala hal.

SETTING MOTOR 4 TAK

Untuk meningkatkan daya atau power mesin motor standart yang biasa disebut tune up, perlu diusahakan perubahan-perubahan pada beberapa hal :
  1. Meningkatkan / menaikkan perbandingan kompresi.
  2. Memperbaiki porting IN maupun EX supaya pemasukan bahan bakar menjadi lancar dan baik.
  3. Merubah durasi, Lift noken as.
  4. Mengubah pengapian (apabila dalam perlombaan diperbolehkan).
  5. Mengubah rasio dengan Close Rasio.
  6. Setting karburator.
 KOMPRESI

Meningkatkan perbandingan kompresi (Compretion Ratio = CR) adalah cara awal yang ditempuh oleh para mekanik untuk meningkatkan power mesin. Namun demikian untuk meningkatkan perbandingan kompresi perlu diperhatikan beberapa faktor, antara lain :
  1. Bahan bakar yang digunakan.
  2. Kwalitas piston yang digunakan.
CARA MENAIKKAN KOMPRESI :
  1. Mengganti piston dengan model racing.
  2. Mendekatkan deck clearance.
  3. Membubut Head.
  4. Mengelas Head.
  5. Membubut Blok dan Piston.
CARA MENURUNKAN KOMPRESI :
  1. Merimer dome pada head.
  2. Memperdalam coakan klep pada piston.
  3. Membubut piston.
KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :
  1. Power mesin meningkat.
  2. Final gear menjadi berat.
  3. Power mesin terasa dari putaran bawah sampai atas.
KERUGIAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :
  1. Mesin menjadi cepat panas.
  2. Engine break menjadi besar dan kasar.
  3. Apabila perhitungan kompresi tidak tepat, sering terjadi detonasi.
Untuk mengetahui / menghitung perbandingan kompresi (CR) dari satu mesin, kita perlu mengetahui dulu volume silinder yang akan dikerjakan.
CONTOH PADA MESIN JUPITER Z O/S 100
Bore atau D : 52 mm = 5,2 Cm
Stroke 54 mm = 5,4 Cm
= 0,785 x 5,22 X 5,42
= 114,62 cc
≈ 115 cc
CONTOH PADA JUPITER Z O/S 100

Volume ruang bakar diukur dengan buret lewat busi adalah 14,55 c
Jadi Volume ruang bakar 14,55 cc – 0,7 cc = 13,85
( 0,7 cc adalah Volume Ruang Busi )
Cara menentukan berapa cc isi ruang bakar yang harus kita pakai pada perbandingan kompresi yang sudah kita tentukan.
Misalnya kita menginginkan perbandingan kompresi berapa volume ruang bakarnya ?
Berarti apabila kita menginginkan perbandingan kompresi 1 : 14, isi ruang bakar harus 8,84cc.